Selasa, 11 Oktober 2011

Ngaben Massal di Desa Pakraman Sudaji

UPACARA  NGABEN  MASSAL  DI DESA  PAKRAMAN  SUDAJI : SEBUAH KAJIAN BUDAYA
PENELITIAN  TESIS  I NYOMAN  SUKRAALIAWAN

BAB.  I  

PENDAHULUAN


1.1   Latar  Belakang.
           
            Segi kehidupan beragama pada dasarnya meliputi kepercayaan atau  keyakinan terhadap adanya kekuatan gaib,yang bersifat supranatural yang dapat  berpengaruh terhadap  gejala  alam  dan  kehidupan  manusia. Kepercayaan  itu  menimbulkan  perilaku  tertentu, seperti  berdoa,  memuja  dan  lainnya,  serta  menimbulkan  sikap  mental  tertentu, seperti  rasa  takut, pasrah, bhakti  dan  lainnya dari  individu  dan  masyarakat  yang  mempercayainya.
            Kepercayaan keagamaan dipusatkan atau didasarkan  kepada  kepercayaan  kepada  adanya  kekuatan  gaib,  yaitu  Tuhan  yang  berada  di atas  alam  ini (supernatural),  atau  yang  ada di balik  alam  fisik (metafisik).  Tuhan, Roh, tenaga  gaib,  mukjizat, alam  gaib  adalah  hal-hal  yang  diluar  alam  nyata.  Semuanya  ini berada di atas (super, supra)  atau  di balik (meta)  alam  natur  atau  alam  nyata.  Kepercayaan  kepada  adanya  kekuatan  gaib  lebih  dikenal  dengan  supernatural  beings, yang merupakan  inti  kepercayaan  keagamaan pada  umumnya  (Agus, 2006:61).
            Agama  dan  kehidupan  beragama  demikian  kompleks, yang  di dalamnya terdapat unsur  keyakinan,  unsur  hukum  dan  moral,  dan  unsur  penghayatan  ruhaniah. Aspek  keyakinan  tampil  dalam  kepercayaan  kepada  yang  gaib,  dalam  upacara  ritual,  dalam  benda-benda  yang  dipercayai  sebagai  benda  sakral  dan  dalam  penghayatan  rohaniah.  Kontjaraningrat (1987:80), menyebut  aspek  kehidupan  beragama  dengan  komponen  religi.  Menurutnya  ada  lima  komponen  religi,  yaitu: (1) emosi  keagamaan, (2) sistem  keyakinan, (3) sistem ritus  dan  upacara, (4) peralatan  ritus  dan  upacara, dan (5) umat  beragama.
Dalam kaitan  dengan  sistem ritus  dan  upacara, masyarakat Hindu di Bali mempunyai beraneka  ragam ritual  keagamaan  yang  merupakan  ekspresi dari  sistem  keyakinan yang  berlaku  dalam  agama  Hindu.  Bentuk-bentuk ekspresip tersebut tampak dalam  rangkaian upacara dalam “stages along the life cycle” maupun  upacara-upacara  agama  yang  diperuntukkan bagi  kepentingan  pemujaan dunia  bawah (buta)  maupun  dunia  atas (dewa) (Triguna,1994:74).  Upacara  yang  berkaitan  dengan  daur  hidup (stages along the life cycle)  yang  meliputi  “lahir-hidup-mati”  selalu dilakukan  dengan  suatu  proses  upacara (ritual).  Demikianlah,  misalnya  dalam  kelahiran  terdapat  upacara  kepus pungsed (kepus pusar),  upacara  tutug  kambuhan  (saat  bayi telah  berumur  42  hari),  upacara  nelu bulanin atau  tigang  sasih  (saat  bayi telah  berumur  105 hari). Dalam  kehidupan  selanjutnya  terdapat  upacara  atau  ritual  menek  bajang (menginjak  dewasa),  upacara  potong  gigi, upacara  perkawinan  dan  upacara  kematian dalam  bentuk   atiwa-tiwa  sampai  pada  upacara  Ngaben dan  rangkaiannya.
Dalam praktik  keagamaan pada  masyarakat Hindu di Bali,  pelaksanaannya  diletakkan  pada  kerangka  dasar  agama  yang  terdiri dari   tatwa, susila  dan  upacaraTattwa (filsafat)  merupakan uraian  filosofis  tentang  ajaran  agama  yang  tersimpul  dalam  Panca Sraddha  dan  Tri  Hita  KaranaSusila (etika),  merupakan  seperangkat  nilai  dan  norma  perilaku  yang  bersumber  secara  langsung  atau  tidak  langsung  dari  tattwa,  yang  mengatur  perilaku  manusia  dalam  upayanya  untuk  mewujudkan  tujuan  dan  hakikat  hidupnya. Upacara (ritual), sebagai  kerangka  dasar  yang  ketiga  dalam  agama  Hindu,  merupakan  rangkaian  kegiatan  umat  dalam  berhubungan  dengan  Hyang  Widhi, Atman, Leluhur, rsi, manusia, dan  alam  sekitar.
  Upacara  keagamaan, sebagai  sub struktur dari sistem  keagamaan   dalam agama Hindu, diwujudkan  dalam  bentuk  persembahan  atau  korban  suci (yajña), dan  dihayati  sebagai  manifestasi  kongkret  agama.   Kelima  korban  suci   tersebut  disebut  Panca Yajña, yang  diarahkan  kepada  deva, rsi, pitra, manusa, dan  bhuta. Dengan  demikian  pelaksanaan upacara  yajña terdiri dari  Deva  Yajña,  Rsi Yajña, Pitra  Yajña,  Manusa  Yajña  dan  Bhuta Yajña
            Menurut  Kitab Manavadharmasastra, III.68,71–VI (Pudja,2004) ada  dua  alasan  utama  yang  mewajibkan  umat Hindu  melaksanakan  Panca  Yajña  tersebut,  yakni penebusan dosa kepada  Hyang Widhi  dan  membayar  atau  melunasi  tiga  jenis  hutang  dalam  rangka pencapaian  kebahagiaan  abadi  atau moksa.  Ketiga  jenis  hutang   termaksud adalah  hutang kepada  dewa  (Deva  Rna),  hutang  kepada  orang  tua  dan  leluhur (Pitra  Rna), dan  yang  ketiga  adalah  hutang  kepada  rsi  atau  guru  (Rsi Rna).  Kewajiban  melunasi  ketiga  jenis  hutang  tersebut disebut  Tri Rna,  yang  mempunyai  makna  moral-etik-spiritual  bagi  manusia.  Oleh  karena  itu   manusia  mempunyai  kewajiban secara berkesinambungan  selama  hidupnya  untuk  melaksanakan   panca  yajña.
              Dalam  hubungan  dengan upacara-susila-tattwa, sebagai  kerangka ajaran  agama  Hindu, menurut  Kembar  Kerepun (2005),  pada  umumnya  orang  Bali  kurang  memahami agamanya  secara  holistik, yang  berimbang  antara  upacara, susila  dan  tattwa.  Dalam  prakteknya  pelaksanaannya masih  berat  ke  upacara  yang  glamor  sifatnya  bak  sebuah  festifal,  yang  menyerap  waktu,  tenaga,  dan  uang  yang  tidak  kecil  jumlahnya. Berdasarkan  penelitian  yang  dilakukan  oleh  Greame  Mac  Rae, seperti   yang  dikutip  oleh   Kembar Kerepun (2005),  orang  Bali  sedikitnya   mengalokasikan  40%  dari  pendapatannya  dan  30%  dari  waktunya  untuk  kegiatan  upacara  agama,  adat  dan  kemasyarakatan.  Bisnis  banten  merupakan  bisnis  besar  di Bali,  sementara  itu investasi  untuk  pendidikan  dan  kesehatan  sangat  rendah  dibandingkan  dengan  pengeluaran  untuk  sarana  upacara.          
            Ngaben  sebagai salah satu  yajña yang  terdapat  di dalam ajaran  panca yajña adalah merupakan  kewajiban yang  harus dilakukan  oleh para  pratisentana (pelanjut keturunan). Kewajiban  Ngaben  bagi para  pratisentana ini, adalah untuk  membayar hutang  kepada  para  leluhur (pitra rnam) dan  juga sebagai  perwujudan  sradha bhakti  kepada  leluhur  yang  telah  berjasa  memelihara  dan  juga  memberikan  pendidikan.
             Secara  filosofis   maupun  teologis, tujuan  Upacara  Ngaben  adalah  sama.  Namun,  sesuai  dengan  idiom  desa, kala, patra,  maka  pada setiap Desa  Pakraman selalu  terdapat  tradisi-tradisi  dalam  pelaksanaan  upacara keagamaan seperti  halnya  Ngaben.  Namun, tradisi  yang  berkembang  di dalam  masyarakat  terkadang  terasa  sangat  memberatkan bagi  masyarakat  bersangkutan.
            Tradisi  Upacara  Ngaben di Desa Pakraman  Sudaji, Kecamatan  Sawan,  Kabupaten  Buleleng  terutama  pada  golongan  masyarakat  kaya  dilakukannya  secara eksklusif,  megah dan  mewah sehingga  tidak  sedikit  dana  yang  harus  dikeluarkan  untuk  Ngaben. Berdasarkan  pengamatan  sekilas, dalam hitungan saat  ini, besarnya  dana  Ngaben yang  diperlukan  berkisar antara   seratus lima puluh juta  sampai  dua  ratusan  juta  rupiah.  Maka dengan  demikian, di kalangan  masyarakat  terdapat  anggapan  bahwa  untuk  bisa  Ngaben  harus  mempunyai  dana  ngabehin (melebihi).  Dengan  persepsi  ini  maka  Ngaben menjadi  “label”   atau  “cap”  bagi  masyarakat  kaya  di Desa Pakraman  Sudaji. Masyarakat  kurang  mampu  tidak  pernah   bisa  menjalankan  kewajiban  Ngaben  untuk  para  leluhurnya, karena beban  biaya yang  sangat  besar tersebut.  Sebenarnya  berdasarkan  sastra  agama  dinyatakan bahwa  suatu  upacara  yajña  seperti  Ngaben, tidak  harus menghabiskan biaya besar,  tetapi  bisa  dilakukan secara  lebih  sederhana,  disesuaikan  dengan  kemampuan dengan  konsep  nista,  madya, utama.
Tradisi  Ngaben besar  seperti  warisan  para  raja ini, yang  dilaksanakan  di Desa  Pakraman  Sudaji telah  mendominasi dan  mensubordinasikan  Ngaben secara sederhana.  Dengan pemarginalan  tradisi Ngaben secara sederhana  atau  juga  diistilahkan dengan  Ngaben ngerit, Ngaben  ngegalung  atau  juga  Ngaben massal  yang sudah sering dilakukan  di daerah atau tempat-tempat  lain  di Bali, menjadi kurang populer pada masyarakat  di Desa Pakraman  Sudaji. 
Dengan adanya dominasi tradisi Upacara Ngaben dengan biaya  besar seperti ini, akhirnya jika kelompok masyarakat  yang  tergolong  tidak  terlalu kaya (menengah kebawah)  menyelenggarakan Upacara  Ngaben, terpaksa  harus mengorbankan harta  produktif  mereka  seperti sawah, ternak, emas dan  lain-lain  untuk  mendukung  pembiayaan  Upacara  Ngaben.  Dalam  kaitannya  dengan  fenomena  semacam  ini  maka pelaksanaan dari Upacara  Ngaben di Desa Pakraman  Sudaji, secara  terselubung memendam  aspek-aspek  sosial,  diantaranya  perasaan  malu,  yang  di dalam  bahasa  Bali lazim  dikenal  dengan  ungkapan-ungkapan  lek, sing  juari, kaciwa  dan ungkapan-ungkapan  sejenis lainnya  apabila  mereka  tidak  mampu  melangsungkan  Upacara  Ngaben  dalam  ukuran-ukuran  sesuai  dengan  takaran-takaran  sosial  tersebut.  Oleh  karena itu,  besarnya  biaya  dalam Ngaben  selalu  menjadi  masalah,  terutama  pada  masyarakat  kurang  mampu.  Ini  tidak  bisa  dibiarkan  terus  menerus  menjadi  masalah  di dalam  masyarakat,  karena  secara  agama, Ngaben  adalah  merupakan  kewajiban (swadharma)  yang  harus  dilakukan oleh  para  keturunan (pretisentana)  yang  masih  hidup.  Dalam  permasalahan  seperti  ini  diperlukan  adanya  suatu  solusi  atau  pemecahan  sebagai  jalan  keluar  dari  tradisi  upacara   yang  sangat  membebani  masyarakat.
Dalam  penulisan  ini, walaupun  bukan  tujuan  peneliti  untuk  membuat  suatu  perbandingan  antara  tradisi  Ngaben  secara  besar-besaran  yang  dilakukan  secara  individu  di dalam  masyarakat,  maka  hanya  untuk  sekedar  penggambaran,  perlu  dikemukakan  bahwa  di samping  biayanya  yang  mahal, dari  segi prosesi upacaranya  juga  memakan  waktu  yang  cukup  panjang  yaitu  sampai  berbulan-bulan.  Cara  Upacara  Ngaben  seperti  ini  menurut  Pitana (2005 : 34) dikatakan  sebagai  sesuatu  yang  tidak  sesuai  dengan  tuntutan  kemajuan  dunia,  sehingga  memerlukan  suatu  tindakan  untuk  adaptasi,  rekonstruksi  dan  juga  reinterpretasi  terhadap  suatu  praktek  budaya  tertentu.
 Sebagai sebuah solusi  terhadap  permasalahan besarnya  biaya  Upacara  Ngaben  yang  dirasakan  oleh  sebagian besar  masyarakat  di Desa  Pakraman  Sudaji, maka  Prajuru Desa  Pakraman  Sudaji  menyelenggarakan  Upacara Ngaben Massal di tingkat  Desa  Pakraman,  yang  untuk  pertama  kalinya  dilangsungkan  pada  tahun  2004.  Ngaben Massal sebagai  sebuah  konstruksi budaya baru  dalam  cara  Ngaben, di Desa  Pakraman  Sudaji  adalah  sebuah  fenomena  menarik  di era  masyarakat  modern. Karena  apa  yang  terjadi  di sini  dalam  permukaannya menampakan  suatu  kontras dengan  kecendrungan  masyarakat  modern  dengan  suatu  kecendrungan  pada pola  hidup individualistis  dengan  peluang  yang  lebih  besar  untuk  berekspresi  ke dalam kebebasan-kebebasan gaya  hidup  yang  lebih ekspresif.  Namun yang  terjadi  dalam praktek Upacara Ngaben Massal di Desa Pakraman Sudaji, justru memperlihatkan nilai-nilai kebersamaan (egaliter) yang  bersifat  komunal yang  semakin  meningkat.      Dengan  penomena  ini,  sangat  menarik  perhatian  peneliti  untuk  mengkajinya  ke dalam  sebuah  penelitian  tesis  dengan  judul : “Upacara Ngaben Massal Pada  Masyarakat Desa Pakraman  Sudaji,Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng:   Sebuah  Kajian  Budaya”.




1.2    Rumusan  Masalah.
            Berdasarkan uraian  latar  belakang  masalah  sebagaimana  telah  diungkapkan  di  atas, maka  selanjutnya   dikemukakan  rumusan  masalah  penelitian  sebagai  berikut.
1.      Bagaimanakah  prosesi  Upacara Ngaben Massal pada masyarakat di Desa  Pakraman  Sudaji,    Kecamatan  Sawan, Kabupaten  Buleleng?
2.      Faktor-faktor  apakah  yang  mendorong  masyarakat Desa Pakraman  Sudaji, untuk  mengikuti  Ngaben  Massal?
3.      Bagaimanakah  masyarakat Desa  Pakraman Sudaji  mereinterpretasi  makna Ngaben Massal  dalam  perkembangan  saat  ini?

1.3.   Tujuan   Penelitian                              
            Tujuan  penelitian  dibedakan  menjadi  tujuan  umum  dan  tujuan  khusus  sebagai  berikut.
1.3.1  Tujuan  Umum.
            Tujuan penelitian ini, secara  umum  adalah  untuk  mendeskripsikan    Upacara  Ngaben Massal yang  dilakukan  oleh  masyarakat  di Desa  Pakraman  Sudaji,  menyangkut  proses, motivasi masyarakat  serta  pemaknaan  kembali  terhadap  Upacara  Ngaben Massal   dalam  perkembangan  budaya  progressif  saat  ini.

1.3.2  Tujuan  Khusus.
            Secara  khusus  tujuan  penelitian  ini  adalah  :
(1)        Untuk  mengetahui  proses Upacara  Ngaben Massal pada masyarakat di Desa Pakraman  Sudaji, Kecamatan  Sawan  Kabupaten  Buleleng,
(2)        Untuk  mengetahui  faktor-faktor  yang  mendorong masyarakat Desa  Pakraman Sudaji, Kecamatan  Sawan, Kabupaten Buleleng untuk  mengikuti  Ngaben Massal,  dan 
(3)        Untuk  mengetahui  reinterpretasi makna  terhadap Ngaben Massal pada masyarakat  di Desa  Pakraman  Sudaji  kecamatan  Sawan, Kabupaten  Buleleng.

1.4   Manfaat   Penelitian
            Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat teoritis  dan  manfaat  praktis  sebagai  berikut.

1.4.1    Manfaat   Teoretis
            Secara  teoretis, hasil penelitian  ini  diharapkan dapat  memberikan  sumbangan kepada  (1) pengetahuan  teoritis  tentang  proses Ngaben Massal;     (2) pengetahuan  teoritis tentang  faktor-faktor  pendorong  masyarakat untuk  mengikuti  Ngaben Massal; (3) pengetahuan  teoritis  tentang  pemaknaan  kembali terhadap  Ngaben Massal oleh masyarakat.   
            Di samping  itu,  untuk  kepentingan  pengembangan  ilmu  pengetahuan,  hasil penelitian  ini  diharapkan  bermanfaat  pada  pengembangan  teori-teori  sosial  yang  relevan  seperti  sosiologi agama  dan  juga  teori-teori  kebudayaan.

1.4.2   Manfaat   Praktis   
            Secara  praktis  hasil penelitian ini  diharapkan  dapat  memberikan  manfaat  kepada  masyarakat  dan  juga  lembaga-lembaga pembina  umat seperti Majelis Desa Pakraman, dan juga  Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI),  untuk  menentukan  langkah-langkah  pembinaan  lebih  lanjut kepada umat, menuju  pada peningkatan pemahaman  masyarakat  terhadap arti dan  makna Upacara  Ngaben  sesuai  dengan  sastra  agama  sehingga  nantinya  tidak  terjadi  lagi  kekeliruan  dalam  pemahaman  terhadap  pelaksanaan Upacara  Ngaben.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar